Tips Cara Mengisi SPT Tahunan Perusahaan Pengadaan 2021 5/5 (5)

Pendahuluan

Bagi kita pemilik perusahaan baik itu PT dan CV, awal tahun yang tidak boleh dilupakan yaitu melakukan pelaporan SPT Tahunan, untuk NPWP pribadi dan untuk NPWP Perusahaan. Tidak jarang dari kita masih bingung untuk melakukan pelaporan tahunan, khususnya untuk NPWP badan. Pada artikel ini, tipspajak.com akan berbagi tips cara mengisi SPT Tahunan Perusahaan Pengadaan 2021. Pelaporan yang akan dibahas di sini adalah melalui EFORM. Selamat menyimak dan semoga berhasil menjawab pertanyaan Cara mengisi SPT Tahunan Perusahaan Pengadaan.

Langkah-langkah Melakukan Pelaporan SPT Tahunan Perusahaan Pengadaan

Cara Lapor SPT Tahunan Perusahaan Pengadaan dengan eform pdf
Membuat Laporan KEuangan dan SPT Tahunan PT dan CV Pengadaan Instansi Pemerintah

1. Siapkan data transaksi dengan instansi

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah menginventarisir transaksi pengadaan dengan instansi pemerintah selama tahun 2021.

2. Menyusun Laporan Keuangan

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah melakukan penyusunan Laporan Keuangan. Umumnya, Laporan Keuangan terdiri dari 5 jenis: (1) Laporan Laba Rugi, (2) Neraca, (3) Laporan Arus Kas, (4) Laporan Perubahan Ekuitas, dan (5) Catatan atas Laporan Keuangan.

Namun untuk dapat melakukan pelaporan SPT Tahunan, kita bisa dengan melampirkan dua laporan: Laporan Laba Rugi dan Neraca.

Belum memiliki Laporan Keuangan? Silakan unduh file excel berikut: Contoh FIle Excel Laporan Keuangan Perusahaan Konstruksi 2021.

a. Menyusun Laporan Laba Rugi

Laporan Laba Rugi menggambarkan Laba/Rugi selama periode 1 Januari 2020 s.d. 31 Desember 2021. Laporan ini berisi pendapatan-pendapatan yang diperoleh dan biaya-biaya yang dikeluarkan, sehingga dihasilkan laba/rugi selama satu tahun.

Baca Juga  Aturan Pelaksanaan UU Cipta Kerja Klaster Perpajakan

b. Cetak, tanda tangan Ketua, dan Scan jadikan file PDF

Setelah jadi laporan keuangan dicetak, ditanda tangan oleh Ketua Yayasan, Di CAP, dan berikutnya di scan, jadikan menjadi file PDF.

2. Melakukan Pengisian SPT di DJP Online

Setelah laporan keuangan siap, langkah berikutnya adalah menuangkannya di dalam SPT di DJP Online. Berikut langkah-langkah nya

3. Download FIle EFORM PDF dari DJP ONLINE

Kunjungi website DJP Online di https://djponline.pajak.go.id/account/login

Setelah berhasil mengunjungi website DJP Online, silakan login dengan menggunakan NPWP dan kata sandi (password yang pernah dibuat). Jika Lupa password, klik lupa kata sandi. Untuk diperhatikan, jika lupa kata sandi, anda membutuhkan EFIN. Caranya ada di sini:

Cara Mendapatkan EFIN

JIka Anda belum pernah terdaftar, maka klik belum registrasi. Sama dengan lupa password, dibutuhkan EFIN untuk mendaftarkan akun DJP Online

4. Isikan SPT

Setelah berhasil login, klik tab lapor.

Jika sebelumya muncul pop up atau tampilan untuk update profil, silakan update nomor Handphone dan/atau email. jika tidak ingin update, tekan tombol ESCAPE / ESC pada keyboard laptop/PC Anda.

Tampilan Lapor SPT Menggunakan EFORM
Tampilan Lapor SPT Menggunakan EFORM

Setelah klik EFOM, maka isikan tahun pajak

Pilih Tahun Pajak EFORM
Pilih Tahun Pajak EFORM
Tampilan unduk file eform
Tampilan unduk file eform

Setelah file eform terunduh, pastikan laptop PC anda telah terinstal Viewer Eform, yakni apliasi untuk membuka file eform. Ada di halaman DJP online anda atau klik di sini: https://eform.pajak.go.id/eform/viewer

Halaman Induk File EFORM SPT Badan
Halaman Induk File EFORM SPT Badan 1771

Isikan Tiap halaman dalam SPT. Petunjuk video ada di bagian bawah artikel ini.

5. Upload Laporan Keuangan

Setelah terisikan semua, langkah akhir adalah unggah laporan dan klik submit. Berikut tampilannya.

Halaman Submit SPT Tahunan Badan 1771
Halaman Submit SPT Tahunan Badan 1771

6. Klik Submit. Selesai

Langkah terakhir, klik submit dan selesai Tanda terima dapat Anda lihat di halaman https://eform.pajak.go.id/eform/dashboard

Baca Juga  Ketentuan Sanksi Pidana Pajak

Berikut tampilannya

Cara melihat tanda terima SPT EFORM

Video Panduan Lapor SPT Tahunan Perusahaan Pengadaan

Berikut ini video yang yang tipspajak.com buat.

Cara Lapor SPT Tahunan Perusahaan Pengadaan dengan EFORM PDF

Kesimpulan

Tanggal 30 April 2022 merupakan batas akhir pelaporan SPT TAhunan Badan Tahun Pajak 2021, termasuk bagi PT dan CV yang bergerak di bidang usaha pengadaan. Secara umum, tahap pengsian SPT TAhunan untuk Perusahaan Pengadaan adalah (1) menyiapkan daftar transaksi dengan instansi pemerintah, (2) menyusun laporan keuangan, (3) Download file Eform PDF dari dashboard DJP Online dan (4) Isi SPT termasuk sumbit

Semoga Bermanfaat. Salam sehat dan sukses dari tipspajak.com dan TIPS PAJAK MEDIA.

Please rate this

2 pemikiran pada “Tips Cara Mengisi SPT Tahunan Perusahaan Pengadaan 2021”

Tinggalkan komentar